Selasa, 03 November 2015

Tips Menjadi Remaja Berbekal Ilmu Spiritual


Assalamualaikum....



Zaman sekarang mencari remaja dengan bekal ilmu spiritual yang baik dan juga di laksanakan di dunia itu susah-susah gampang.

Susahnya itu banyak sekali remaja yang sudah terjerumus dalam pergaulan bebas sampai-sampai lupa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan beribadah.

Kalaupun mereka yang ada dalam ruang lingkup pergaulan biasa, rata-rata anak remaja zaman sekarang sepertinya malu untuk mengingatkan temannya yang lupa sholat,tidak mengaji atau semacamnya.

Intinya,
Itu semua karena pergaulan mereka tidak menerima apa yang mereka katakan jika terlalu menyangkut masalah agama, bahkan ada beberapa diantara mereka yang menolak dengan cara sangat kasar sehingga menyakiti hati orang yang mengingatkan tersebut dan membuat orang yang mengingatkan tersebut trauma, merasa malu atau minder untuk mengingatkan lagi.

Nah kalau untuk gampangnya, kalian bisa lihat remaja-remaja masjid atau bisa juga remaja yang suka ikut acara pengajian, acara-acara di panti sosial, acara motivasi agama dan sejenisnya. Mereka akan dengan senang hati mengajak kalian untuk ikut bergabung, walau hanya untuk sekedar share obrolan-obrolan tentang islami.

Jangan salah! Bukan hanya lingkungan yang berperan penting dalam perkembangan remaja berbekal ilmu spiritual. Orang tua juga berperan penting dalam hal ini, bisa diibaratkan seperti sebuah pepatah yang mengatakan Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.  Rata-rata anak remaja meniru perilaku orang tuanya yang selama ini ia pelajari dari kecil,seperti melihat cara orang tuanya mendekatkan diri pada Allah SWT salah satunya. Apakah mereka rajin beribadah? Bolong-bolong? Atau sama sekali tidak melaksanakan ibadah? Itu semua mereka pelajari dari orang tua terlebih dahulu.

Memang tidak semua anak begitu,tapi kebanyak dari mereka begitu. Jika orangtuanya rajin beribadah InsyaAllah anaknya melihat lalu meniru perilaku tersebut, hal itu juga berperan sebaliknya.
            
Disini gue akan membagi beberapa tips agar para remaja dapat berbekal ilmu spiritual yang bisa para remaja seperti kita tiru:
  1. Tidak membangkang pada orangtua, walaupun misalnya kalian dalam posisi benar dan orang tua kalian salah tetap saja kita tidak boleh membangkang pada mereka, cukup ingatkan ! bila tidak mempan,cukuplah kalian diam menghargainya.
  2. Rajin melaksanakan sholat 5 waktu, ditambah sholat-sholat sunnah lainnya.
  3. Rajin mengaji sehabis sholat,jangan hanya bisa membacanya ! tapi pelajari juga tajwid-tajwidnya, agar lebih berkah dan juga tidak menimbulkan kesalahan arti, karena salah mengucapkan.
  4.  Rajin membaca dzikir terhadap Allah SWT dan juga shalawat-shalawat, terutama shalawat nabi.
  5. Rajin berdo’a , memohon ampunan untuk diri sendiri dan kedua orangtua, memohon agar dijauhkan dari godaan syetan, dll.
  6. Rajin berpuasa sunnah, seperti senin-kamis, puasa nabi daud, dan puasa lainnya.
  7. Selalu berusaha bersikap baik pada sesama, memperbanyak istigfar bila mendapatkan cobaan sehingga kita dapat diberikan berkah kesabaran yang berlebih oleh Allah SWT.
  8. Perbanyak belajar tentang agama pada orang yang lebih mengerti, seperti ustad-ustad.
  9. Bergaul dengan orang-orang yang InsyaAllah dapat membantu kita menuju kebaikan, bukan bergaul dengan orang-orang yang dapat menghancurkan iman kita.
Begitulah sedikit tips yang bisa gue bagikan, InsyaAllah dapat ngebuat kita jadi remaja yang berbekal ilmu spiritual ya....


Wassalamualaikum....


0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome to GTLand Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang